Laman

Minggu, 18 April 2010

Diesel Jadi Andalan Hyundai

Kesan mobil diesel yang cenderung berisik di kuping konsumen Indonesia perlahan tapi pasti coba ditampik oleh PT Hyundai Mobil Indonesia. Teknologi yang terus berkembang membuat ATPM gencar memasarkan produk diesel di Tanah Air.

Di pasar lokal, Hyundai menjadi satu-satunya merek yang berani melepas varian diesel pada segmen hatchback dengan i20. Selain itu, merek asal Korea Selatan ini juga telah meluncurkan multi purpose vehicle H-1 diesel.

Jongkie D Sugiarto selaku pimpinan menjelaskan, perubahan pandangan mobil diesel dengan bensin sama saja dengan kondisi transmisi otomatis. Pada 5 tahun silam, mobil bertansmisi otomatis kurang digandrungi masyarakat karena isu negatif yang berkembang.

"Tapi lihat sekarang, semua mobil yang diproduksi pasti ada pilihan otomatisnya. Ini cuma masalah edukasi yang kurang efektif saja," ujar Jongkie, kemarin.

Saat ini, mobil bermesin diesel masih memperoleh stigma boros, perawatan sulit, kurang bertenaga, dan bahan bakar yang tak berkualitas. Dengan teknologi commonrail direct inejction (CRD-i), lanjutnya, semua kesan negatif bisa dikesampingkan.

"Kalau masalah kualitas bahan bakar, memang Pertamina masih belum bisa menjamin perataan kualitas solar. Tapi, itu mudah diatasi dengan lebih sering mengganti filter oli," papar Jongkie.

Diesel saat ini menjadi mesin favorit di Eropa dan sudah terbukti kualitasnya. "Daripada mendahulukan teknologi listrik, diesel lebih tepat untuk sasaran jangka pendek dalam menjaga emisi gas buang," lanjut Jongkie.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar